.::Wilujeung Sumping di Website Agus Muhar::.

Semoga site gratisan ini bukan hanya menambah literatur-literatur dalam dunia kepenulisan, tetapi juga lebih khusus untuk menambah khazanah keilmuan keislaman, karena di masa kebangkitan seperti sekarang ini (menurut sejarah islam) yang sebelumnya Islam di Andalusia (Spanyol) begitu kuat dan hebatnya, harus tunduk dan hancur oleh kaum Hulagu dari bangsa Bar-Bar, oleh karena itu kita pun di harapkan untuk selalu berkarya, baik melalui dunia kepenulisan, dunia jurnalistik maupun yang lainnya, karena memang tidak bisa kita pungkiri bahwa Islam khususnya yang ada di Indonesia ini sangat butuh dengan orang-orang yang profisional dalam bidangnya masing-masing.

Nah...site ini pun tampil untuk menunjukkan bahwa kami ingin menambah khazanah keislaman dalam berkarya, walaupun hanya sebutir debu di padang pasir, tetapi akan sangat bermakna jika kita mendalaminya, Amin

Selasa, 31 Maret 2009

UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009 SEMAKIN DEKAT

Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2008/2009 semakin dekat, untuk UN SMA/MA akan dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 24 April 2009, SMALB/SMK tanggal 20 sd 22 April 2009, dan UN untuk SMP/MTs/SMPLB dilaksanakan pada tanggal 27 sd 30 April 2009. Sementara itu Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk satuan pendidikan SD/MI/SDLB dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 13 Mei 2009.



Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi (Disdikpora) Sumatera Barat dalam menghadapi UN dan UASBN Tahun Pelajaran 2008/2009, baik dalam pembentukan kepanitian ujian, pendataan calon peserta maupun persiapan pembekalan sekolah dan calon siswa menghadapi UN dan UASBN nantinya. Khusus pembekalan untuk calon peserta UN dilakukan melalui peningkatan penguasaan matari mata pelajaran, seperti program kegiatan pengayaan dan remedial, penambahan jam belajar tambahan diluar jam-jam resmi, analisis dan perbaikan kelemahan penguasaan materi tahun sebelumnya, peningkatan penguasaan materi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN 2008/2009 yang dikeluarkan oleh pemerintah sampai pada kegiatan pelatihan tatacara pengisian LJK (Lembaran Jawaban Konputer). Deman UN memang telah melanda sekolah-sekolah kita di Sumatera Barat, oleh karena itu perlu dukungan orang tua dan masyarakat untuk memberikan peluang/kesempatan kepada anak untuk dapat belajar lebih aktif dan tenang di rumah dan tidak mengadakan keramaian pada malam hari yang kemungkinan dapat mengganggu kosentrasi anak dalam mempersiapkan diri menghadapi UN pada yang semakin dekat.



Terjadi perbedaan mendasar dalam pengorganisasian kepanitian penyelenggara UN di Sumatera Barat tahun ini dibadingkan tahun sebelumnya, untuk panitia penyelenggara UN SMA/MA mulai dari tingkat provinsi, kab/kota maupun sekolah penyelenggara peran dan keikutsertaan perguruan tinggi tidak lagi berfungsi sebagai Tim Pengawas Independen (TPI) sebuah tim yang berada diluar kepanitian, tetapi dalam penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2008/2009 sudah lebih jauh bertindak selaku penyelengara UN bersama Dinas Pendidikan dan Kanwil Dep. Agama. Sedangkan dalam kepanitian UN untuk SMK/SMALB dan SMP/MTs/SMPLB perguruan tinggi masih berfungsi sebagai TPI.



Dengan keterlibatan penuh para rektor, dosen UNAND dan UNP sebagai panitia UN SMA/MA di tingkat provinsi yang ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 421-3-2009 tanggal 9 Januari 2009 serta unsur perguruan tinggi lainnya di daerah kab/kota yang ditetapkan dengan keputusan Bupati/Walikota bersangkutan diharapkan obyektivitas dan kredibilitas penyelenggaraaan UN di Sumatera Barat dapat dipertahankan. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya kita selalu mengupayakan agar UN diselenggarakan dengan jujur, dan sepanjang kejujuran ini dapat dipertahankan apapun hasil yang kita peroleh dari penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2008/2009 harus disikapi secara arif, karena melalui kejujuran tersebutlah kita mampu mengkaji dan menganalisis serta mengukur kemampuan akademis anak-anak kita dan bagi sekolah diperlukan proses perbaikan pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan.



Baltekkomdik

Disdikpora Prov. Sumbar


Zaiful Zakaria, SH

Tidak ada komentar: